Faktor Terbentuknya Integrasi Nasional

Faktor Terbentuknya Integrasi Nasional

Faktor Terbentuknya Integrasi Nasional, Integrasi nasional yang kuat akan, terbentuk dan berkembang di atas kesepakatan nasional tentang batas-batas suatu masyarakat politik dan sistem politik yang berlaku bagi seluruh masyarakat tersebut.

Kemudian suatu konsensus nasional mengenai bagaimana suatu kehidupan bersama suatu bangsa harus diwujudkan dari Faktor Terbentuknya Integrasi Nasional atau diselenggarakan melalui suatu konsensus nasional mengenai sistem nilai yang akan mendasari hubungan-hubungan sosial diantara suatu masyarakat negara.

( Baca Juga : Jenis-jenis Macam Pajak Dan Menurut Sifatnya )

Integrasi sosial dalam masyarakat akan bisa terwujud apabila ada faktor-faktor sebagai berikut:

1. Adanya rasa toleransi saling menghormati dan tenggang rasa.

2. Terjadinya perkawinan campuran antara suku.

3. Makin pesatnya komunikasi dan transportasi antar daerah.

4. Meningkatkan solidaritas sosial yang dipengaruhi intensifnya kerjasama kelompok dalam masyarakat menghadapi kejadian bersama.

5. Fungsi pemerintahan yang makin berjalan baik dan bijaksana terutama yang menyentuh masyarakat bawah.

( Tonton Juga : Gombalin Cewek Gak Kenal Reaksinya Meleleh Wkwkwk )

Adapun faktor-faktor pendorong integrasi nasional sebagai berikut:

1.  Faktor sejarah yang menimbulkan rasa senasib sepenanggungan.

2. Keinginan untuk bersatu dikalangan bangsa Indonesia sebagaimana yang dinyatakan dalam sumpah pemuda tanggal 28 Oktober 1928.

3. Rasa cinta tanah air dikalangan bangsa Indonesia sebagaimana dibuktikan perjuangan merebut, menegakkan dalam mengisi kemerdekaan.

4. Rasa rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara, sebagaimana dibuktikan oleh banyak pahlawan yang gugur demi memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

5. Adanya simbol kenegaraan dalam bentuk Garuda Pancasila.

6. Pengembangan budaya gotong royong yang merupakan ciri khas kepribadian bangsa Indonesia secara turun menurun.

Adapun faktor penghambat integrasi nasional sebagai berikut:

1. Masyarakat Indonesia yang beraneka ragam dalam faktor-faktor kesukubangsaan dengan masing-masing kebudayaan daerahnya, bahasa daerah, agama yang dianut, ras dan sebagainya.

2. Wilayah negara yang begitu luas, sekali atas ribuan pulau yang dikelilingi oleh lautan luas.

3. Besarnya kemungkinan ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang merongrong keutuhan, kesatuan dan persatuan bangsa, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar negeri.

4. Masih besarnya ketimbangan dan tidak meratanya pembangunan dan hasil-hasil pembangunan yang menimbulkan rasa tidak puas.

5. Adanya paham etnosentrisme di antara beberapa suku bangsa yang menonjolkan kelebihan-kelebihan budayanya Dan menganggap rendah budaya suku bangsa lain.

6. Lemahnya nilai-nilai budaya bangsa, akibat kuatnya pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa baik melewati kontak langsung maupun tidak langsung.

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita harus memiliki rasa integrasi nasional yaitu suatu sikap kepedulian terhadap sesama serta memiliki rasa persatuan yang tinggi baik terhadap bangsa negara, agama serta keluarga. Untuk meningkatkan integritas nasional dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:

1. Membangun dan menghidupkan komitmen, kesadaran dan kehendak untuk bersatu

2. Membangun kelembagaan di masyarakat yang berakar kan pada nilai dan norma yang menyuburkan persatuan dan kesatuan bangsa serta tidak memandang perbedaan suku, agama, ras,  keturunan, etnis dan perbedaan-perbedaan lainnya yang, sebenarnya tidak perlu diperdebatkan.

3. Meningkatkan integrasi bangsa, yaitu tuan berbagai macam kelompok sosial budaya dalam satu kesatuan wilayah dan dan dalam satu identitas nasional.

4. Mengembangkan perilaku integratif di Indonesia dengan upaya bekerja sama dalam berorganisasi dan berperilaku sesuai dengan cara yang dapat membantu tujuan organisasi.

5. Meningkatkan integritasi nilai di antara masyarakat dan integrasi nilai Indonesia ada pula Pancasila dan UUD 1945 sebagai sistem nilai bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *