Jaringan Nirkabel (Wireless) Dan Teknologi Wireless

  • Whatsapp
Jaringan Nirkabel (Wireless) Dan Teknologi Wireless
illustrasi Gambar

B.  Jaringan Nirkabel (Wireless)

Jaringan nirkabel (Wireless network) adalah bidang disiplin yang berkaitan dengan komunikasi antarsistem komputer tanpa menggunakan kabel. Jaringan nirkabel dapat dipakai untuk jaringan jarak dekat maupun jarak jauh.

Jaringan nirkabel biasanya menggunakan media transmisi seperti gelombang radio, gelombang mikro, dan cahaya inframerah.

1.  Pembagian Jaringan Nirkabel Berdasarkan Jangkauanya

Berdasarkan jangkauannya, jaringan nirkabel dibagi sebagai berikut

a.  WPAN (Wireless Personal Area Network)

 WPAN adalah teknologi personal area network wireless seperti Bluetooth (IEEE 802.15) dan Infrared (IR). Jaringan ini terhubung dengan peralatan personal dalam suatu area yang berkisar 30 kaki (1 kaki=12 inci). Adapun, infrared membutuhkan jangkauan yang lebih pendek.

( Baca Juga : Cara Kerja Enkripsi Data Dan Proteksi Data )

b.  WLAN (Wireless Local Area Network)

WLAN (Wireless Local Area Network) dapat digunakan di laboratorium atau perpustakaan. Jaringan ini dibentuk oleh beberapa pemakai yang membutuhkan access point.

Access Point (AP) merupakan sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antenna untuk transmisi serta menerima sinyal dari clients remote.

Dengan access point, client wireless bisa dengan cepat dan mudah untuk terhubung kepada jaringan LAN kabel secara wireless.

c.  WMAN (Wireless Metropolitan Area Network)

Teknologi ini dapat menghubungkan berbagai jaringan dalam suatu area metropolitan. Contohnya seperti bangunan-bangunan yang berbeda dalam suatu daerah sehingga tidak perlu memasang kabel tembaga atau fiber untuk dapat terhubung ke jaringan.

d.  WWAN (Wireless Wide Area Network)

WWAN menggunakan teknologi jangkauan yang lebih luas seperti selular 2G/3G/4G. Celluler Digital Packet Data (CDPD), dan Global System for Mobile Communications (GSM).

C.  Teknologi Wireless

Jaringan wireless yang popular saat ini adalah Bluetooth, Wi-Fi dan Wimax

1.  Bluetooth

Bluetooth adalah teknologi komunikasi wireless (tanpa kabel) yang beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz unlicensed ISM (Industrial, Scientific, and Medical). Bluetooth menyediakan

Teknologi Bluetooth merupakan kebutuhan komunikasi perlengkapan elektronik sehingga dapat melakukan pertukaran data dengan jarak terbatas.

Bluetooth dapat digunakan pada telepon seluler dan laptop, Bluetooth termasuk dalam standar IEEE 802.15.

( Tonton Juga Youtube : Prank Gak Suka Gelay, Lucu ngakak wkwkwk )

2.  Wi-Fi (Wireless Fidelity)

Wi-Fi yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk jaringan lokal nirkabel (Wireless Local Area Network – WLAN yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11.

Wi-Fi lebih dikenal sebagai wireless LAN yang merupakan jaringan nirkabel antara komputer melalui protokol LAN. Wi-Fi memiliki kecepatan akses data sampai dengan 54 Mbps dan dapat beroperasi pada kisaran jarak 100 meter sampai dengan 20 km.

karena jangkauanya yang terbatas, Wi-Fi harus dipusatkan pada suatu area tertentu yang disebut dengan hotspot. Pada umumnya Wi-Fi tidak mampu bekerja dengan pantulan dan harus bekerja tanpa halangan objek (line of sight).

Tetapi di sisi lain Wi-Fi menawarkan berbagai keunggulan yaitu barangnya yang relative murah, kecil, dan router portable yang dapat dibeli dengan harga yang murah.

3.  Wi-MAX (Worldwide Introperability for Microwave Access)

Wi-MAX adalah teknologi akses nirkabel pita lebar (Broadband Wireless Access – BWA) yang memiliki kecepatan akses tinggi dengan jangkauan yang lebih luas. WiMAX merupakan bagian dari anggota teknologi 4G ( generasi keempat) dari sistem transmisi data dan wireless.

Pengguna membutuhkan modem Wi-MAX khusus untuk dapat mengakses jaringan Wi-MAX. Wi-MAX dirancang untuk mengirimkan data pada kecepatan tinggi melalui jarak yang relatif jauh.

Wi-MAX dapat beroperasi pada kisaran jarak 50 km dan memiliki kemampuan untuk melewati aneka penghalang seperti gedung atau pohon. Hsl ini membuat Wi-MAX memiliki kehandalan yang lebih baik dibandingkan dengan Wi-Fi.

( Baca Juga : Download adobe Premiere pro CS6 Full Version Gratis )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *