Pengertian Perdagangan Internasional

Pengertian Perdagangan Internasional, Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama penduduk yang dimaksud dapat berubah antar perorangan atau (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain.

Tadi Pengertian Perdagangan Internasional Sekarang kita bahas Manfaat Perdagangan Internasional.

Manfaat Perdagangan Internasional :

  • Menjalin persahabatan antar negara
  • Memperoleh barang yang tidak dapat diproduksi di negara sendiri

Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan hasil produksi di setiap negara. Faktor-faktor tersebut diantaranya: kondisi geografi, iklim, tingkat penguasaan iptek dan lain-lain dengan adanya perdagangan internasional, setiap negara mampu memenuhi kebutuhan yang tidak diproduksi sendiri.

( Baca Juga : Perjanjian Internasional di Indonesia )

  • Memperoleh keuntungan dari spesialisasi

Sebab utama kegiatan perdagangan luar negeri adalah untuk memperoleh keuntungan yang diwujudkan oleh spesialisasi. Walaupun suatu negara dapat memproduksi suatu barang yang sama jenisnya dengan yang diproduksi oleh negara lain, tapi adakalanya lebih baik apabila negara tersebut mengimpor barang tersebut dari luar negeri.

  • Memperluas pasar dan menambah keuntungan

Terkadang, para pengusaha tidak menjalankan mesin-mesinnya atau (alat produksinya) dengan memaksimal karena mereka khawatir akan terjadi kelebihan produksi, yang mengakibatkan turunnya harga produk mereka. Dengan adanya perdagangan internasional, pengusaha dapat menjalankan masing-masingnya secara maksimal, dan menjual kelebihan produksi tersebut ke luar negeri.

  • Transfer teknologi modern

Perdagangan luar negeri memungkinkan suatu negara untuk mempelajari teknik produksi yang lebih efisien dengan cara-cara manajemen yang lebih modern.

Faktor Pendorong dan Penghambat Perdagangan Internasional :

Pertama yaitu Faktor pendorong

Banyak faktor yang mendorong suatu negara melakukan perdagangan internasiona, diantaranya sebagai berikut:

1. Faktor alam atau potensi alam.

2. Untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa dalam negeri.

3. Keinginan memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan negara.

4. Adanya perbedaan kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengolah sumber daya ekonomi.

5. Adanya kelebihan produk dalam negeri sehingga perlu pasar baru untuk menjual produk tersebut.

6. Adanya perbedaan keadaan seperti sumber daya alam, iklim, tenaga kerja budaya, dan jumlah penduduk yang menyebabkan adanya perbedaan hasil produksi dan adanya keterbatasan produksi.

7. Adanya kesamaan selera terhadap suatu barang

8. Keinginan membuka kerjasama hubungan politik dan dukungan dari negara lain.

9. Terjadinya era globalisasi sehingga tidak satu negarapun di dunia dapat hidup sendiri.

Faktor penghambat

1. Tidak amannya suatu negara

Jika suatu negara tidak aman, para perdagangannya beralih ke negara lain yang lebih aman. Semakin aman keadaan, semakin mendorong para pedagang untuk melakukan perdagangan internasional.

2. Kebijakan ekonomi internasional yang dilakukan oleh pemerintah

Kebijakan ekonomi yang yang diterapkan oleh suatu negara yang merupakan hambatan bagi kelancaran perdagangan internasional, misalnya pembatasan jumlah impor, pemungutan biaya impor atau ekspor yang tinggi, perjanjian yang berbelit-belit, dan sebagainya.

3. Tidak stabilnya Kurs Mata Uang Asing

Kurs mata uang asing yang tidak stabil membuat para eksportir maupun importir mengalami kesulitan dalam menentukan harga valuta asing. Kesulitan tersebut berdampak pula terhadap harga penawaran maupun permintaan dalam perdagangan. Hal ini membuat para pedagang internasional enggan melakukan kegiatan ekspor dan impor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *