Terungkap fakta jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ-182

jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Sejauh ini, para penyelam sudah menemukan beragam puing-puing pesawat SJ-182 ini dan benda diduga milik penumpang ini juga ada beberapa di temukan. Misalnya turbin, KTP, baju pramugari, pelampung, uang kertas, hingga potongan jenazah dari korban.

Terungkap fakta jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182
Gambar illustrasi Pesawat Sriwijaya Air SJ-182

Para penyelam juga sudah mendapat titik terang jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 penemuan black box pesawat lewat temuan sinyal dari kotak hitam. Lantaran diduga tertima puing dari beberapa komponen pesawat.

Pesawat Sriwijaya PK-CLC menuju Pontianak diduga hendak berpindah jalur dan sang pilot pun mengalami disorientasi saat penerbangan pada Sabtu siang, 9 Januari 2021, menurut data yang di ambil dari pengamatan penerbangan.

Diketahui dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah mengunduh perekam data penerbangan (flight data recorder/FDR) dari black box Sriwijaya Air SJ-182 dan dari peristiwa kini berupaya menyingkap alasan pesawat tidak menuju ke arah semestinya seperti yang dilaporkan oleh menara pengawas yang telah menyelidiki jatuhnya pesawat.

Terungkap fakta jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182
Gambar illustrasi kecepatan jatunya pesawat Sriwijaya Air SJ-182

Di dapat dari Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono menjelaskan bahwasannya FDR menjadi data yang sangat penting untuk mengungkap kecepatan dari kecelakan pesawat Sriwijaya Air Sj-182 yang bisa kita ketahui yaitu dengan data ketinggian, posisi pesawat, informasi mesin, hingga posisi bujur dan lintang pesawat.

( Baca Juga : Cara Menjadi Youtuber Pemula, Ini Tipsnya )

Melalui rekaman video yang dikutip, Senin (18/1/2021). “Arah hidung pesawat dan lintasannya, posisi GPS-nya kita bisa melihat lintasannya kenapa dan mengarah ke mana. Kita juga akan melihat kenapa dari tower menanyakan kok berbelok ke arah Barat Laut. Kita bisa lihat dari FDR itu,”

Diduga dari Kedua hal tersebut membuat pesawat oleng dan terjun bebas dalam kondisi mesin masih hidup dan menghantam ke air laut sehingga pesawat hancur karna benturan keras dengan air.

Dari beberapa Analisis ini didapatkan dari hasil rekam jejak penerbangan yang dirilis dari Flightradar24.com. Situs pelacak penerbangan ini mengombinasikan bahwa dari data Automatic Dependent Surveillance-Broadcast (ADS-B), Multilateration (MLAT), dan data radar yang telah diketahui.

Kemudian kami infokan, pada hari ini, ada delapan jenazah telah diserahkan kepada keluarganya untuk dapat dimakamkan,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono saat konferensi Pers di RS Polri, Sabtu petang, 16 Januari 2021, dan pencarian jenazah akan terus di lakukan ujarnya.

Di ambil dari beberapa sumber pada hari ini, Minggu (17/1/2021), tim SAR gabungan kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182 menargetkan akan menemukan Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat rute Jakarta-Pontianak.

Berikut perkembangan terkini yang telah kami rangkum dalam pencarian korban dan puing pesawat Sriwijaya Air SJ 182 dari sumber Liputan6.com

Diketahui bahwa sampai saat ini secara resmi dari DVI baru merilis 29 yang diidentifikasi. Tentunya tim SAR gabungan berusaha sekuat mungkin untuk melaksanakan evakuasi korban. Dan mudah-mudahan semakin banyak jumlah kantong yang kita temukan, akan semakin bermanfaat bagi DVI dalam membantu proses identifikasi.

Untuk info black box cockpit voice recorder (CVR) juga jadi alasan melanjutkan proses evakuasi, meski memang black box flight data recorder (FDR) telah ditemukan. Hal ini guna mengetahui penyebab jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182, yang di anggap ada beberapa kejanggalan.

Terkait CVR penting, FDR juga penting. Namun dalam konteks ini saya mau fokuskan kepada evakuasi korban dan bersamaan dengan itu melaksanakan evakuasi bagian CVR yang belum dapat ketemu namanya Crash Survivable Memory Unit (CSMU) itu adalah bagian yang juga penting yaitu merekam data percakapan atau suara di kokpit pesawat.

( Baca Juga : Cara Aktivasi Windows 10 Gampang Banget )

2 thoughts on “Terungkap fakta jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ-182

  1. Excellent article! We will be linking to this particularly great article on our website. Keep up the good writing.| Felisha Whitaker Hermia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *