Tantangan Menjaga Keutuhan NKRI

Tantangan Menjaga Keutuhan NKRI

Tantangan Menjaga Keutuhan NKRI yang pertama Keutuhan Bangsa Kasus Askar Wathoniyah adalah bukti carut-marut pengelolaan negara kita dalam bidang administrasi kependudukan. Peristiwa tersebut juga menunjukkan kalau negara lemah dalam menjaga keutuhan penduduknya. Entah bagaimana asal muasalnya sejumlah WNI dengan mudah pindah kewarganegaraan kemudian mereka di organisir, dilatih, digaji dan direkrut menjadi tentara cadangan Malaysia.

Mereka diberi atribut kemiliteran dan diberi tugas membantu tentara diraja Malaysia untuk menjaga daerah yang berbatasan dengan Indonesia.

Apa yang terjadi jika di perbatasan tersebut terjadi perang atau bentrok, berarti kita berperang melawan bangsa sendiri.

( Baca Juga : Cara Menjadi Peran Menjaga Keutuhan NKRI )

Usaha perbaikan sistem administrasi kependudukan mendesak dilakukan.  Program pemberlakuan kartu tanda penduduk atau KTP nasional dapat dijadikan alternatif solusi. Disamping efektif karena KTP berlaku seumur hidup, program itu menjadikan setiap warga negara tidak akan pernah ganti nomor KTP walaupun dia pindah tempat tinggal di kota lain di Indonesia.

Program KTP nasional akan berjalan baik jika benar-benar didukung pengarsipan yang di handal baik secara elektronik maupun manual.

Uraian di atas secara singkat dapat disimpulkan sebagai berikut:

A. Tantangan Menjaga Keutuhan NKRI tidak hanya bermakna wilayah melainkan mencakup aspek sumber daya alam, sumber daya manusia dan seluruh khasanah budaya bangsa. Seluruh aspek harus dijaga dari gangguan pihak luar dan pihak dalam.

B. Perlu upaya sungguh-sungguh dan terencana untuk menjaga keutuhan NKRI. Salah satunya dengan membangun “budaya sadar arsip” oleh seluruh komponen bangsa.

C. Arsip adalah aset bangsa yang sangat penting dan tak tergantikan karena di dalamnya terekam data seluruh aspek keutuhan NKRI. Persib akan menjadi bukti jika aspek-aspek tersebut dipersoalkan pihak lain. Arsip juga akan menjaga pusat memori dan sumber referensi bagi generasi mendatang untuk mengawal keutuhan NKRI

Keutuhan Sumber Daya Alam dan Khasanah Budaya

Indonesia adalah negeri terbesar kedua dalam hak kekayaan plasma nutfah setelah Brazil. Jika ditambahkan dengan keragaman hayati kelautan maka Indonesia menduduki posisi paling puncak.

Dengan kata lain wilayah Indonesia merupakan Mega Centre Kekayaan Plasma Nutfah dan Biodevirsitas Kelautan Dunia. Begitupula Khasanah dan ragam budayanya. Indonesia mempunyai banyak suku bangsa. Masing-masing suku mempunyai upacara, pakaian, rumah, lagu,alat musik, tarian, senjata dan budaya sendiri sendiri.

Rangkaian langkah yang dapat dilakukan sebagai upaya menjaga keutuhan khasanah budaya bangsa dan SDA Indonesia adalah inventarisasi terhadap sumber daya alam dan hasil karya budaya bangsa.

Pendataan dan identifikasi ciri-ciri spesifikasi setiap SDA atau karya budaya disertai foto atau film dilengkapi penelurusan asal-muasalnya, pembuatan sentral data SDA dan karya budaya secara nasional pengarsipan seluruh bukti administrasi dan hasil identifikasi oleh instansi terkait serta arsip Nasional RI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *